Minggu, 05 Agustus 2012

Perbedaan itu Indah……


Assalamualaikum kawan-kawanku…
Alangkah indahnya jika di taman bunga kita  terdapat bunga – bunga yang bermekaran yang tentunya berwarna – warni. Meskipun berbeda jenis, tentunya dengan perpaduan yang indah dan cantik akan dapat menghasilkan perpaduan yang sangat bagus. Begitu juga dengan perbedaan – perbedaan yang ada di dunia ini, terdapat berbagai macam perbedaan yang ada… Misalkan : ada orang kaya, ada juga orang miskin…. ada orang pandai dan ada juga orang bodoh…
Namun janganlah kita menyesali atau mempersalahkan perbedaan – perbedaan tersebut. Alangkah indahnya bila perbedaan tersebut kita pahami dan kita jadikan sebagai potensi bagi terwujudnya persatuan. Ketahuilah, kita berbeda, tapi sama – sama ciptaan-Nya. Bener khan…????
Sudah cukup kita saksikan dan rasakan betapa tindakan – tindakan yang tidak bijaksana. Bahkan anarkis, tidak akan menyelesaikan masalah. Hal – hal tersebut malah hanya menambah masalah. Tindakan – tindakan yang membuat kerusakan tersebut, dimana pun dan kapan pun, hanya menimbulkan beragam masalah, baik diduga atau tidak. Iya khan…….
Janganlah akibat suatu perbedaan kita malah mendzalimi satu sama lain. Kejadian apa pun yang telah menimpa negeri ini sudah semestinya menjadi pelajaran bagi kita, khususnya kita sebagai generasi muda penerus bangsa. Di antara yang bisa kita ambil hikmahnya adalah kita harus mempunyai tekad yang sama untuk membangun kebersamaan di negeri tercinta ini. Jangan biarkan kekerasan menjadi solusi dari permasalahan yang ada.
Lebih dari itu, masalah yang sedang menimpa kita merupakan bagian dari karunia Allah SWT yang dapat membuat kita lebih maju, lebih beradab, dan lebih kuat dalam menghadapi masa yang akan datang, sepanjang kita menyikapinya dengan cara yang benar. Orang yang imannya kukuh tidak pernah menganggap kejadian tersebut merugikan. “Saat diberi nikmat kita bersyukur karena syukur itu adalah kebaikan. Saat diberi ujian kita bersabar, sabar itu pun adalah kebaikan”. Kerugian hanya milik orang yang tidak mempunyai keyakinan kukuh dan akhlak mulia.
Perbedaan tersebut tidak perlu disalahkan. Yang salah adalah bila kita tidak bisa menyikapi perbedaan. Bukankah Allah menciptakan keindahan itu justru dari perbedaan? Indahnya kebersamaan justru kalau kita dapat merasakannya sebagaimana kita melihat suatu ‘Rangkaian Bunga’, dalam sebuah rangkaian, kita dapat menemukan bunga berwarna cokelat, merah, jingga, atau merah muda. Semua warna itu berpadu memberikan semburan nuansa indah yang memikat mata untuk melihat. Ya! Kita melihat keindahan justru melalui perbedaan. Karena Perbedaan Itu Indah…….
Lantas, mengapa negeri kita harus tercabik – cabiks atu sama lain hanya akibat perbedaan??????? Sadarilah!! Negeri kita sakit (kebanyakan masalah) bukan karena perbedaan, tetapi karena kita belum bisa menyikapi perbedaan. Karena itu, dalam kesempatan kali ini, kita, Insya Allah akan mencoba menggali rumus sederhana dalam upaya membuat ‘Rangkaian Bunga’ yang indah dari perbedaan.
Oh ya…. yang perlu kita ketahui… Allah SWT membuat perbedaan juga ada tujuannya lho…??? Mau tahu… Diantaranya : meningkatkan status kita sebagai makhluk sosial, dimana kita tidak dapat hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain…misalnya saja, kalau gak ada perbedaan dimana orang kaya dan miskin, mana ada orang yang mau beramal sholeh, mana ada pengemis – pengemis di jalanan, mana ada orang yang kaya dan selalu menindas orang yang lemah atau miskin…. Juga dengan adanya perbedaan status sosial, pasti ada maling, orang yang korupsi, pencopet, pengemis dan masih banyak lagi deh….!!!! Dengan adanya hal tersebut, juga memberikan nafkah bagi para polisi, jaksa, Lembaga Tinggi Negara, yang mana menggantungkan hidupnya dari kesalahan yang diperbuat oleh seseorang, dan Nasib sial seseorang….. He.. he.. he… (kaya’ orang kecopetan ??? ya khan…).
Makanya, hal tersebut menjadi tantangan bagi kita Umat Muslim dan yang lainnya untuk menyikapinya dengan sebaik mungkin, dengan cara Kita harus mulai melihat perbedaan tersebut dengan menyadari bahwa perbedaan itu pasti ada, bahkan harus ada, kita harus senantiasa memahami perbedaan yang ada, Sejak saat ini, kita harus belajar memaklumi setiap perbedaan yang ada diantara kita, Perbedaan tak jarang membuat adanya ketersinggungan. Karena itu, kita harus mampu memberikan keluasan maaf, kadang, perbedaan memang tidak selalu baik. Tapi, di situlah diperlukan kemauan untuk memperbaiki, bukan menyalahkan.
Lha apakah tindakan kita selanjutnya????

Tidak ada komentar: