Senin, 06 Agustus 2012

Kuliner Khas Pemalang


Jangan cerita Pantura jika belum pernah singgah ke Pemalang, dan jangan mengaku penggila kuliner jika belum mencicipi kuliner khas Pemalang. Pemalang ada di pesisir pantai utara jawa, tepatnya pantai utara jawa tengah dan terletak diantara dua kota cukup besar yaitu diantara Tegal dan Pekalongan. Jika singgah ke Pemalang jangan lah lupa untuk mampir ke alun_ alun kota Pemalang, diman sebelah utara alun - alun menyajikan makanan khas Pemalang yang antara lain : 
1. KAMIR PEMALANG

KUE KAMIR begitu namanya. Konon kue ini diperkenalkan kepada masyarakat kali pertama oleh orang dari negara Arab. Tetapi kini menjadi makanan khas Pemalang yang sangat dikenal.

Bentuknya bulat menyerupai kue apem tetapi sedikit lebih gemuk. Sedangkan ukurannya bervariasi. Yang terbesar sampai sebesar lingkaran piring makan. Sedangkan terkecil sebesar lingkaran mangkok. Ukuran-ukuran itu tergantung pemesannya. Bahkan pernah akan dibuat ukuran raksasa.

Kue Kamir terbuat dari adonan terigu, mentega, pisang ambon, tape dan telor. Adonan tersebut setelah jadi dituangkan dalam cetakan yang sudah dipanaskan dengan kompor minyak. Setelah matang baru dihidangkan.
Daya tahan kue kamir relatif lama karena bisa dihangatkan lagi. Sehingga cocok untuk oleh-oleh bila bepergian jauh.
2.SOTO GROMBYANG PEMALANG 

Jika anda mengunjungi kota Pemalang,Jawa Tengah anda akan menemukan sebuah makanan khas pemalang yang dikenal dgn nasi grombyang. Rasanya khas. Sebenernya nasi grombyang tuh berisi nasi yang berkuah dan biasanya kuahnya tuh banyak kayak semacam gulai. Biasanya kalo di warung2 itu ditaruh di mangkuk kecil. kUAhnya tuh berisi irisan daging kerbau.ada satenya juga dengan daging kerbau. Kenapa disebut nasi grombyang karena antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya dan diletakkan di mangkuk kecil sehingga terlihat grombyang-grombyang (goyang-goyang)

Grombyang sangat khas Pemalang. Sulit ditemukan masakan seperti ini di kota lain. Bumbunya ga ada yang bisa membuat selain orang Pemalang. Pokoknya ga ada yang duanya. Pokoke mak nyuuuusss.


3. LONTONG DEKEM


Penjual lontong dekem banyak ditemui di sepanjang jalan RE Martadinata atau sebelah utara alun-alun Pemalang. Penyajian menu yang satu ini terdiri dari lontong yang diiris-iris dan disiram dengan kuah gule yang berisi daging ayam, sapi atau kerbau yang rasanya hampir sama dengan kuah nasi grombyang. Sebagai pelengkap tidak lupa sepiring sate daging ayam yang tidak di bakar tapi di masak dgn bumbu srundeng.


Dijamin makanan ini bisa membuat lidah anda menari-nari dengan kelezatannya yang tersaji lewat kuah hangat yang kental tersiram di atas lontong. Lontong Dekem biasanya dijual pada sore hingga tengah malam. Makanan ini tidak menggunakan bahan pengawet yang sangat berbahaya bagi tubuh, semuanya dibuat dari bahan alami.


4.SATE LOSO


Kalo anda senang makan sate namun takut kolesterol, hehe.. cobalah sate yang satu ini. Sate dari bahan daging kerbau yang konon rendah kolesterol sehingga cukup aman bagi penderita kolesterol jantung, ataupun darah tinggi. Dinamakan sate loso karena pencetusnya sendiri adalah Mbah Loso. Selain rasanya yang memang bener-2 nikmat karena terdiri dari 2 bumbu yaitu bumbu sate dan bumbu kacang. Yang paling gampang dikenali adalah ciri dari saus bumbu kacangnya yang berwarna merah. Terbuat dari kacang yang diulek halus ditambah bumbu-bumbu dan  cabe merah sehingga membuat warna saus menjadi merah. yang pasti rasanya sangat nikmat karena anda akan merasakan sansasi  pedes, dan manis ditambah satenya sendiri yang terkenal sangat empuk dan lezat. Salah satu warung yang menjual sate loso ini dapat anda temui di Jalan A. yani atau dekat dengan komplek kantor pemerintahan kabupaten Pemalang.
5. KUE APEM COMAL(PEMALANG)


COMAL - Di Pasar Comal, sejak dulu dikenal mempunyai jajanan khas yang hingga kini tetap digemari oleh sebagian besar masyarakatnya, yakni apem. Jajanan favorif yang kerap dijadikan oleh-oleh untuk keluarga, tetangga, saudara, hingga teman kerja.
6.KERUPUK USEK PEMALANG

Sebenarnya kerupuk usek tidak hanya diproduksi warga Pemalang, ada beberapa daerah lain yang juga memproduksinya. Namun demikian kebanyakan orang lebih mengenal kerupuk usek sebagai jajanan khas Pemalang.
Murah, renyah dan pada jenis tertentu dari salah satu produsen ada yang ditambahkan bumbu khas sehingga rasanya lebih mantap.


Kerupuk Usek diproduksi di industri-industri rumah tangga bersama kerupuk-kerupuk jenis lainnya. Kerupuk ini hanya terdiri dari dua warna pilihan, putih dan merah.
7. Kepiting Gemes
Yuk, Icip-icip Kepiting Gemes Khas Pemalang

 Bila berkunjung ke Pemalang, Jawa Tengah, jangan lupa mencicipi kepiting gemes. Kuliner khas Pemalang ini kerap menjadi pilihan warga untuk berbuka. Kepiting olahan yang diberi bumbu lada hitam hitam ini berbeda dari daerah lain.

Keistimewaannya, yakni diolah dengan cara dimasak saus pedas manis berwarna pekat. Soal rasa, jangan ditanya. Pedas manis saus yang melimpah sangat meresap hingga ke dalam kepiting.

"Ini khas Pemalang. Dan banyak tamu-tamu dari luar Pemalang seperti Tegal dan Pekalongan kalau mereka kedatangan tamu dari luar itu suka mengajak ke Pemalang untuk menyantap kepiting gemes ini," kata Wakil Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo kepada Liputan6.com, Ahad (29/7).

Mukti mengungkapkan, kepiting gemes biasanya dikonsumsi bersama nasi. Tak jarang, para pengunjung ketagihan hingga menambah porsinya. "Selain itu, kita makannya diberi tempat dari cobek jadi mecahin cangkang kepitingnya langsung di atas cobek itu," ucapnya mencontohkan.

Empat varian kepiting gemes siap mengisi perut Anda yang telah keroncongan usai berpuasa, yakni biasa (kecil), sedang (super), besar (spesial) dan kepiting telur. Seporsi kepiting gemes bisa dinikmati dua hingga empat orang.
sumber: http://khacool.blogspot.com/2011/10/cerita-pemalang-kuliner-khas-pemalang.html
          http://gayahidup.liputan6.com/read/425361/yuk-icip-icip-kepiting-gemes-khas-pemalang