Jumat, 26 Oktober 2012

Pangan Fungsional Khas Bekasi


SAYUR IKAN GABUS PUCUNG

  

           Sayur Gabus Pucung adalah sayur ikan gabus yang berwarna hitam pekat dari pucung (kluwak). Pucung atau kluwak biasa dikenal sebagai bumbu rawon. Jika rawon menggunakan daging, sayur gabus pucung menggunakan ikan gabus.
       Bahan utama pucung gabus adalah ikan gabus. Ikan gabus disajikan dalam potongan-potongan ikan pada umumnya, seperti kepala, badan, atau ekor. Ikan gabus yang sudah digoreng, lalu dicemplungkan ke dalam kuah hitam akibat dari Pucung,  ibu-ibu ahli dapur mengenal bumbu tersebut dengan nama kluwek. Sebagai tambahan, bumbu dalam kuah tersebut adalah kemiri, bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, kunyit dan daun salam. Semua bumbu diulek lalu ditumis kemudian dimasukan ke dalam air. Ikan dimasak hingga lunak. Sekilas tampilan kuahnya mirip dengan rawon.
Cara membuat Sayur ikan gabus pucung adalah:
Bahan: 2 ekor ikan gabus segar, 5 buah pucung (kluwek, keluak)
Bumbu: 2 butir kemiri, 3 buah cabai merah keriting, 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 2 kelingking (2 cm) kencur, 1 jempol (2 cm) lenkuas, 1 batang serai, memarkan, 1 lembar daun salam, 2 kelingking (2 cm) kunyit, Terasi secukupnya dan Garam secukupnya.


Cara membuat:
1.      Bersihkan ikan gabus. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam.
2.      Goreng ikan gabus hingga kering dan matang. Tiriskan.
3.      Kecuali kluwek, serai, dan daun salam, haluskan semua bumbu.
4.      Tumis bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga wangi.
5.      Tambahkan kluwek, 1 liter air, serai, dan daun salam, lalu rebus sampai mendidih, tambahkan garam seperlunya.
6.      Siramkan kuah pada ikan gabus goreng.
7.      Sajikan di pinggan cekung.

Sayur ikan gabus pucung memiliki manfaat bagi tubuh karena mengunakan bahan utamanya yaitu:
       Kunyit sebagai bumbu sayur ikan gabus pucung, bermanfaat bagi tubuh karena  mengandung senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin serta zat- zat manfaat lainnya, seperti mnyak asiri volatil oil, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalsium. 
       Kunyit dapat mengobati beragam penyakit seperti diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan, Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Amandel dan Memperlancar asi, tak hanya itu, kunyit ternyata juga dapat mengatasi penyakit Alzheimer, yaitu sejenis penyakit pikun yang umum terjadi pada manusia yang mulai memasuki usia tua dimana kondisi fisik otaknya mulai menurun .
         Kencur merupakan tanaman rumput kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Tanaman ini tunbuh dan berkembang pada musim tertentu yaitu pada musim penghujan, juga dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari dan tidak terlalu basah.  
         Kandungan kimia yang terdapat di dalam rimpang kencur adalah pati (4,14%), mineral (13,73%), dan minyak astiri (0,02%) berupa sineol, asam metal kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid, dan gom.
         Manfaat Kencur bagi kesehatan yaitu dapat mengobati radang lambung, radang anak telinga, influenza pada bayi, sakit kepala, masuk angin, diare, , menghilangkan lelah, mempelancar haid, dan batuk.
        Lengkuas atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan Laosadalah salah satu tanaman umbi-umbian yang memiliki manfaat sebagai tanaman obat. Lengkuas banyak tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. 
           Lengkuas mengandung Basonin  yang memiliki efek merangsang semangat, Eugenol  dapat mencegah ejakulasi prematur, anti jamur Candica albicans, antikejang Analgetik, anestetik.  Galangol     merangsang semangat dan menghangatkan tubuh. Galangin   meredakan rasa lelah, antimutagenik, penghambat enzim siklo-oksigenase dan lipoksogenase, alpinen, kamfer, methyl-cinnamate.
           Manfaat lengkuas bagi kesehatan yaitu dapat mengobati diare, masuk angin, bronkhitis, Demam, batuk, dan obat meningkatkan gairah seks (aprodisiak).
         Kluwek termasuk rempah-rempah yang sering digunakan sebagai penyedap masakan ini, bijinya mengandung racun, namun biji inilah yang dipakai sebagai bumbu masakan tersebut. Biji ini aman dkonsumsi, diolah untuk penambah rasa dalam masakan bila telah malalui proses yang cukup lama, direbus dan diperam terlebih dahulu. Khasiat bisa menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Kadar Kolesterol tinggi dalam darah sudah menjadi momok  yang menakutkakan banyak orang penyebab utama penyakit jantung dan serangan stroke.
        Ikan gabus telah di buktikan manfaatnya, bukan hanya dapat dikonsumsi sebagai sumber lauk pauk (sebagai sumber zat gizi protein), tetapi juga bermanfaat sebagai pengganti obat albumer (cairan albumin untuk menangani pembengkakan/udema pada penderita sirosis hepatis, gagal ginjal, dll) sehingga sangat dianjurkan untuk di konsumsi. Karena sumber protein (albumin) yang tinggi maka perlu dilestarikan dan dikonsumsi oleh masyarakat terutama untuk pencegahan atau pengurangan tingginya gizi kurang dan gizi buruk pada anak balita.
     Cairan albumin di ikan gabus merupakan jenis protein terbanyak di dalam plasma yang mencapai kadar 60 persen. Protein yang larut dalam air dan mengendap pada pemanasan itu merupakan salah satu konstituen utama tubuh. Ia dibuat oleh hati. Karena itu albumin juga dipakai sebagai tes pembantu dalam penilaian fungsi ginjal dan saluran cerna.
     Albumin memiliki sejumlah fungsi. Pertama, mengangkut molekul-molekul kecil melewati plasma dan cairan sel. Fungsi ini erat kaitannya dengan bahan metabolisme—asam lemak bebas dan bilirubuin—dan berbagai macam obat yang kurang larut dalam air tetapi harus diangkat melalui darah dari satu organ ke organ lainnya agar dapat dimetabolisme atau diekskresi. Fungsi kedua yakni memberi tekanan osmotik di dalam kapiler.
      Albumin bermanfaat dalam pembentukan jaringan sel baru. Karena itu di dalam ilmu kedokteran, albumin dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah, misalnya karena operasi, pembedahan, atau luka bakar. Faedah lainnya albumin bisa menghindari timbulnya penyakit pada paru-paru dan gagal ginjal serta sebagai carrier faktor pembekuan darah.
            Manfaat albumin ikan gabus  bagi kesehatan yaitu:
        Mencegah penyakit jantung karena mengandung allisin untuk menurunkan kadar lemak dalam darah dan trigliserida, sehingga mengurangi resiko terhadap stroke, serangan jantung, penyempitan pembuluh darah serta untuk menurunkan kadar homosistesin dalam darah yang menjadi penyebab penyakit jantung. Mengandung praline yang bertujuan untuk menguatkan otot-otot jantung.
         Mencegah penyakit Kanker karena mengandung zat aktif allyl sulfide yang dapat menghambat pertumbuhan hormone pemicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh kita.
         Mengobati Liver karena dapat memperbaiki jaringan organ hati. Mengandung asam amino dan vitamin untuk organ hati dan mengontrol pengumpulan lemak di hati dan regenerasi sel hati dan kandung empedu.
        Mengobati Asma karena Memperbaiki sel-sel saluran pernafasan (bronchus). Mencegah penyakit  Lupus karena Memperbaiki otot, otak, dan sitem syaraf pusat serta sisitem kekebalan tubuh pada tubuh kita. Baik untuk membantu mengatur perbaikan jaringan organ otak yang rusak / cedera otak / pasca stroke / parkinson.


        Mengobati penyakit diabetes mellitus karena dapat memperbaiki jaringan sel pankreas yang mulai rusak, sehinggga organ pankreas dapat tetap menghasilkan hormone insulin kembali normal, dan membantu menstabilkan kadar gula dalam darah bagi penderita hipoglikemi.
         Membantu pemulihan luka dalam maupun luar, karena sifatnya memperbaiki jaringan organ tubuh yang melepas radikal bebas. Pada saat masa kemoterapidan radioterapik dapat mengurangi dan mencegah efek-efek yang kurang baik dari kerja kemoterapi dan radioterapi, dan radioterapi seperti badan terasa lemas, lemah, kerusakan bagian tubuh, dan mual. tanpa mengurangi fungsi kerja kemoterapi dan radioterapi itu sendiri.
         Mengobati stroke, beberapa bagian tubuh akan mengalami kelemahan fungsi, bahkan bisa berakibat tidak berfungsinya beberapa bagian tubuh, alkuten membantu membuka pembuluh darah yang tersumbat dan memperbaiki jaringan organ tubuh yang penting untuk otot, otak dan sistem syaraf sehingga menguatkan sistem kekebalan tubuh serta menjadi anti radikal bebas.
       Mengandung proline yang sangat baik untuk memicu berfungsinya sendi-sendi, dan juga mengandung lysin yang berfungsi memastikan penyerapan kalsium yang memadai dan mempermudah pembentukan kolagen yang bisa membungkus tulang rawan dan jaringan penyambung, juga mendorong percepatan penyembuhan tulang.  Membantu fungsi saluran pencernaan dan usus agar dapat bekerja baik.
        Asam amino threonine dan asam amino tyrosine yang digunakan oleh kelenjar tiroid untuk memproduksi salah satu hormone utama untuk metabolisme kesehatan kulit Dan mental, untuk mengatasi depresi. Menjaga sistem syaraf pusat, bagi kaum laki-laki, glycine memainkan peran penting esensial untuk menjaga fungsi-fungsi prostate agar tetap sehat.
          Alkuten menyebabkan pencernaan dapat menyerap makanan dengan baik dan akan meregenerasi / membaharui semua sel-sel atau jaringan tubuh kita yang mulai kurang berfungsi dengan baik, sehingga para manula akan menjadi sehat kembali dan tidak mudah sakit.  

http://food.detik.com/read/2010/06/17/180452/1380692/921/resep-masakan-gabus-pucung

Tidak ada komentar: